Mata
Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100 menit
|
||
Pertemuan ke
|
1.
Tuhan yang
Maha Esa dan Ketuhanan
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu mengidentifikasi peran dan fungsi agama
dalam kenyataan hidup yang konkrit baik yang positif maupun negative
2.
Mampu mengidentifikasi implikasi kepercayaan
kepada Tuhan baik sebagai pencipta,penyelamat dalam Kristus, serta pembaharu
dalam Roh kudus, bagi kehidupan iman dan etis atau nilai-nilai
|
||
Materi Pokok
|
1.
Menjelaskan dari MK Pendidikan Agama Kristen
2.
Menjelaskan Tujuan (kompetensi) apa yang diharapkan dari MK Pendidikan Agama
Kristen
|
||
Pengalaman
Belajar
|
Mempelajari
dan mendiskusikan landasan dan tujuan MK Pendidikan Agama Kristen
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan,
silabus, kontrak kuliah, Penilaian, memberikan ulasan umum isi matakuliah, Landasan
dan tujuan Pendidikan Agama Kristen
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, meresponi dan mencatat
|
SAP,
Silabus, Kontrak Kuliah, jadwal studi guide, tugas struktur, LCD, komputer
|
Penyajian
|
Menjelaskan
Landasan MK Pendidikan Agama Kristen
|
Melihat
mendengarkan Penjelasan, mencatat, bertanya dan diskusi
|
idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok pembahasan, memberikan evaluasi, memberikan tugas mencari definisi
apa yang dimaksud dengan agama
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat menjawab pertanyaan evaluasi
|
idem
|
Post tes
|
Ujian
tertulis/lisan,penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk
sikap
|
||
referensi
|
1.
Dogmatika Masa Kini, BPK Gunung Mulia
2.
Relegion Sociology, New York, Paulist
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan Agama
Kristen
|
|||
Kode Mata
Kuliah
|
|
|||
Waktu
Pertemuan
|
100 menit
|
|||
Pertemuan Ke
|
2.
(Lanjutan) Tuhan yang Maha Esa dan Ketuhanan
|
|||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu Menjelaskan motivasi manusia
beragama
2.
Mampu Menjelaskan cara Allah
Menyatakan dirinya kepada manusia
3.
Mampu merespon Anugerah yang Allah Berikan
Diskripsikan
kata/kalimat yang bold
|
|||
Materi Pokok
|
1.
Agama dan Kepercayaan Kepada Allah
2.
Allah dan Penyataan-Nya
3.
Allah dalam Kepercayaan Kristen
|
|||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Mempelajari pengertian agama dan motivasi mansuia beragama
2.
Mengerti dan memahami bagaimana Allah memperkenalkan diriNya
3.
Pengalaman spiritual perjumpaan dengan Allah
|
|||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
Penyajian
|
Menjelaskan
mengapa manusia beragama, Menjelaskan bagaimana Allah memperkenalkan dirinNya,
membimbing mahasiswa menerima anugeraNya
|
Melihat, mendengar menjawab pertanyaan
mengexplore, mensintesis
|
Slide,
LCD Poyektor Komputer, jaringan internet, laser pen
|
|
Penutup
|
Merangkum
pokok bahasan, memberikan Evaluasi, memberikan tugas definsi manusia secara
antropoligis, sosilogis dan agama
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan
|
idem
|
|
Post Tes
|
Ujian tulis/Lisan/evaluasi unjuk
/sikap
|
|||
Referansi
|
1.
Sosiologi Agama suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Press
2.
Ilmu dan Agama di Perguruan Tinggi, Lik Wilarjo: Jurnal Waskita,vol.1 No.1
|
|||
|
|
|||
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Waktu
Pertemuan
|
100
menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan Ke
|
3. Manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu menjelaskan Makna Hakikat Manusia sebagai ciptaan Tuhan
2. Mampu
memberikan contoh Implikasinya dalam Kehidupan sehari-hari bahwa-Manusia
sebagai mahluk ciptaan Tuhan-Manusia sebagai mahluk religius-Manusia sebagai
mahluk Sosial
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi Pokok
|
1.
Manusia adalah makhluk Ciptaan Allah
2.
Manusia Adalah gambar Allah (Imago Dei)
3.
Manusia sebagai makhluk Etis
4.
Manusia sebagai Makhluk Sosial
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Mempelajari
sehingga menimbulkan kesadaran bahwa dirinya bersalah dari Allah.
2.
Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya sebagai makhluk mulia
3.
Mempelajari sehingga Timbul kesadaran tindakan yang bermoral
4.
Mempelajari Sehingga timbul kebutuhan terhadap orang lain
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyajian
|
Menjelaskan,
menujukkan, membimbing mahasiswa bahwa dirinya adalah mahluk ciptaan Allah, gambar
Allah, mahluk Etis dan sosial
|
Melihat, mendengar mencatat, merespon
|
Slide, LCD Proyektor,Komputer, laser
pen, spidol white board,papan tulis
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
Merangkum pembahasan,mengevaluasi
|
Melihat,Mendengar,mengajukan
pertanyaan
|
Idem
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Post Tes
|
Tes tulis/Lisan/Unjuk Sikap
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Referansi
|
1.
Tahap-tahap perkembangan moral, Jakarta:BPK Gunung Mulia
2.
Kelakuan yang bertanggung jawab, Jakarta:BPK Gunng Mulia
3.
Dokmatika Masa Kini, B.J Boland, Jakarta:BPK Gunung Mulia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Kuliah
|
Pendidikan Agama
Kristen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Waktu
Pertemuan
|
100
Menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan Ke
|
4.
(Lanjutan)
Manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu memberikan contoh Implikasinya dalam kehedupan sehari-hari bahwa
manusia sebagai mahluk.Rasionaldan berbudaya,makhluk Etis/bermoral,Makhluk
berdosa
2.
Mampu menghasilkan perubahan sebagai manusia yang dibaharui
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi Pokok
|
1.
Manusia Sebagai makhluk Rasional dan Berbudaya
2.
Manusia Sebagai Makhluk Etis
3.
Manusia Sebagai Manusia Sebagai Pendosa
4.Manusia
dimampukan untuk Merestorasi Hubunganya dengan Allah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya memiliki potensi
2.
Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya makhluk bermoral
3.
Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya orang berdosa
4.
Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya mampu hidup yang baik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media dan Alat Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyajian
|
Menjelaskan,menunjukkan,membimbing
mahasiswa sehingga timbulnya kesadaran diri menjadi manusia yang telah
dibaharui
|
Mendengar,menyimak,mencatat,merespon
|
LCD
Proyektor,Komputer dan jaringan internet,white Board,laser Pen,Papan Tulis
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
Merangkum
dan Menyimpulkan seluruh pokok bahasan dan menatang mahasiswa menjadi manusia
baru yang memiliki ahlak mulia
|
Menyimak,
mencatat,mengajukan pertanyaan,mengambil keputusan
|
idem
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Post Tes
|
Tes
tulis/Lisan/Assesment
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Referansi
|
1.
The Christian View Of Man,Westchester: Crossway
Books
2.
Teologia Dasar, Jil. 1, Yogyakarta: Yayasan Andi
3.
Biblical Antroplogy, Dr. Kim Sung Gil, “Diktat
Kuliah,” Pascasarjana STT Kadesi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Kuliah
|
Pendidikan Agama
Kristen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Waktu
Pertemuan
|
100
Menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan Ke
|
6.
Mengembangkan Potensi Secara Optimum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mempelajari serta mengeksplorasi potensi dalam dirinya
2.
Menemukan talenta dalam dirinya
3.
Menggunakan Potensi dalam dunia profesinal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi Pokok
|
1.
Landasan Teologis potensi manusia
2.
Landasan Teori Potensi manusia
3.
Aplikasi potensi dalam dunia Professional
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Menemukan landasan Teologis potensi manusia dalam Alkitab
2.
Memiliki motivasi daneakspektasi untuk mencapai terbaik
3.
Memiliki tekad mengamalkan keahlianya untuk kesejahteraan masyarakat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyajian
|
Membimbing,
menunjukkan ayat-ayat dalam Alkitab, Menjelaskan, memberi pertanyaan
|
Mendengar,
membuka Alkitab, mengajukan pertanyaan, membaca ayat-ayat Alkitab
|
Alkitab,
LCD Proyektor, computer, jaringan internet,White Board, Pen Laser, slide
Materi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
Merangkum
dan menyimpulkan, menantang
|
Menyimak,
mencatat, bertanya, merespon tantangan
|
idem
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Post Tes
|
Tes Tulis
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Referansi
|
1.
The sukses Principiles, Jacj Carfield,Jakarta:
Gramedia
2.
The seven Habits of Highly Effective Peaple, Stephen R. Covey: Bina Aksara
3.
The 8 th Habit, Steven R Covey, Jakarta: Gramedia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Kuliah
|
Pendidikan Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100
Menit
|
||
Pertemuan Ke
|
7.
NARKOBA Penghambat Pencapaian
Potensi Optimum
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mengenal jenis-jenis obat-obatan yang terlarang dalam daftar narkoba
2.
Mengerti dampak yang ditimbulkan akibat pemakaian narkoba
3.
Tidak mencoba dan melibatkan diri dalam pemakaian narkoba
|
||
Materi Pokok
|
1.
Latar belakang timbulnya narkoba
2.
Pengenalan Jenis-jenis narkoba
3.
Dampak dan pengaruh terhadap kehidupan jasmani dan
rohani
4.
Pandangan Kristen/katolik terhadap narkoba
|
||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Mengerti dan mengenal jenis narkoba
2.
Memahami dampak serius yang diakibatkan penyalagunaan narkoba
3.
Mengantisipasi di sekitarnya terhadap pemakai narkoba
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
Brain
storming, penyampaian materi, berdiskusi,
bertanya
|
Mendengar,
mencatat, mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, penyampaikan
pengalamanya
|
LCD
Proyektor, komputer dan jaringan internet, Pen Laser, Spidol dan white Board.
|
Penutup
|
Mengkonstruktif pendapat mahasiswa
serta menyimpulkan semua pembahasan
|
Mendengar,mencatat,mengajukan pendapat
dan pikiran
|
idem
|
Post Tes
|
Tes tulis
|
|
|
Referansi
|
1.
Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba 2007, Medan Dinas Pendidikan dan
pengajaran,Tanjung H. Mastar
2.
Kecanduan sebuah Pesta dalam kubur,Edwad T Welch, Jakarta: Momentum.
|
||
|
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100
Menit
|
||
Pertemuan Ke
|
8. Hukum dalam Perspektif Kristen
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu Menjelaskan perlunya hukum bagi berlangsungnya komunitas masyarakat
Indonesia secara umum
2.
Mampu mendeskripsikan peran hukum Tuhan bagi pembentukan hukum di Indonesia
secara umum
3.
Mampu menganalisis peran propetis agama dan umat Kristen sebagai “Chek and
balance” terhadap kekuasaan, kebenaran dan keadilan dalam rangka perwujudan
hukum yang benar di Indonesia
|
||
Materi Pokok
|
1.
Nilai-nilai Alkitab dan Hukum
2.
Fungsi Profetis orang beriman terhadap hukum
3.
Kewajiban membayar pajak sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila
|
||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Memahami nilai-nilai hukum dalam Alkitab
2.
Mengerti sikap dan peranannya dalam hukum
3.
Paham kebenaran yang hakiki
4.
Menyadari dan memahaami bahwa membayar pajak merupakan bentuk rasa syukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karuniaNya. Membayar pajak adalah
salah satu bentuk mengasihi kepada sesama manusia
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
Mengarahkan,
menjelaskan,
memimpin,
memaparkan
|
Diskusi,
mencatatat, bertanya,
menjawab
|
LCD
Proyektor,kumputer dan jaringan internet, pen laser, spidol, slide.
|
Penutup
|
Menyimpulkan
hasil diskusi dan bahasan
|
Mencatat, bertanya, member saran dan
pemikiran
|
idem
|
Post Tes
|
portofolio
|
|
|
Referansi
|
1.
Pancasila sumber tegak hukum,Darmo diharjo,Malang
Univ Unbraw
|
||
|
2.
Filsafat Hukum,Hujibers,Yogjakarta: Kanisius
3.
Isu-isu Global,John Stott,YBK
4.
Global Ethic, Hans Kung
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan Agama
Kristen
|
||||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||||
Waktu Pertemuan
|
100
Menit
|
||||
Pertemuan Ke
|
9. Moral
|
||||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu Memahami Hakikat hubungan yang erat antara moralitas/Etika
Kristen/Katolik dengan iman
2.
Mampu membuat keputusan etis di tengah berbagai kompleksitas Persolan moral
dalam kehidupan dewasa ini.
3.
Memiliki sikap dan integritas yang tinggi
|
||||
Materi Pokok
|
1.
Manusia Ciptaan Tuhan
2.
Kompleksitas masalah moral
3.
Kesadaran Etis
|
||||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Memiliki kemampuan mengambil keputusan etis
2.
Memiliki prinsip dan rambu-rambu dalam mengambil keputusan
3.
Bertindak dalam tindak etis dan bermoral
|
||||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
||
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
Penyajian
|
Berdiskusi,
menyajian materi, bertanya
|
Berdiskusi
kelompok, mencatat, mennyimpulkan hasil diskusi, memaparkan
|
LCD Proyektor,Komputer dan jaringan,
papan tulis dan spidol,pen laser
|
||
Penutup
|
Menyimpulkan seluruh hasil diskusi
|
Mencatat semua rangkaian diskusi
|
idem
|
||
Post Tes
|
Non tulis
|
||||
Referansi
|
1.
Etika sederhana untuk semua,Eka darma Putera, Jakarta: BPK. Gunung Mulia
2.
Tahap-tahap perkembangan moral, Lawrence Kohlberg, Yogjakarta: Kanisius
3.
Etika Umum, Frans Magnis Suseno,Yogjakarta: Kanisius
|
||||
|
|||||
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||||
Waktu Pertemuan
|
100
Menit
|
||||
Pertemuan Ke
|
10. Korupsi
|
||||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mengerti dan memahami bahwa korupsi adalah dosa
2.
Hidup dalam pola dan filsafat Kristiani
3.
Tidak melibatkan diri dalam perbuatan korupsi
4.
Setia dan taat dalam membayar pajak
|
||||
Materi Pokok
|
1.
Sejarah dan akar korupsi di Indonesia
2.
Korupsi dalam sudut pandang Kristiani
3.
Dampak Korupsi terhadap pribadi dan Negara
4.
Tujuan dan dampak membayar pajak
|
||||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Melihat tokoh-tokoh nasional yang bersih dari korupsi
2.
Menyadari dampak dari perb uatan korupsi
3.
Menjaga diri supaya tidak terlibat perbuatan korupsi
|
||||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
||
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
Penyajian
|
Memutar
video, diskusi, membahas
|
Melihat,
mencatat, diskusi dan bertanya
|
LCD Proyektor,computer dan jaringan
internet, spidol dan papan tulis,pen laser
|
||
Penutup
|
Menyimpulkan
pembahasan
|
Melihat,mencatat, membuat kesimpulan
|
idem
|
||
Post Tes
|
portofolio
|
||||
Referansi
|
1.
Kejujuran, Moral dan hati nurani, Jakarta: BPK Gunung Mulia
2.
Moralitas kaum muda bagimana menanamkan tanggung jawab Kristiani,Jakarta: BPK
Gunung Mulia
|
||||
|
|
||||
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100
Menit
|
||
Pertemuan Ke
|
11
Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan Seni
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1. Mampu
mengidentifikasi hubungan timbal balik antara iman Kristen dengan Ilmu
pengetahuan dan Teknologi modern dalam sejarah
2. Mampu
Menjelaskanhubungan yang bermakna antara iman kristiani dan ilmu pengetahuan
dari sudut pandang iman Kristiani
3. Mampu
mendefinisikan hakikat teknologi
4. Mampu
megidentifikasi dampak negative dan positif dari teknologi
5. Mampu
merumuskan kristeria pengembangan Ilmu dan Teknologi yang bertanggung jawab
berdasarkan iman Kristiani
|
||
Materi Pokok
|
1.
Iman dan Ilmu Pengetahuan
2.
Teknologi dan iman
3.
Sikap kristiani
|
||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Dapat memilih dan memilah teknologi yang bertentangan dengan iman
2.
Membatasi diri dalam penggunaan
3.
Memiliki keinginan untuk mengembangkan untuk kesejahteraan manusia
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
Memaparkan,
menjelaskan,
diskusi,
bertanya
|
Melihat,
mendengarkan , mencatat, mengajukan pertanyaan diskusi
|
LCD
Proyektor, Komputer, spidol, papan tulis, pen laser
|
Penutup
|
Merangkum
dan menyimpulkan
|
Mencatat
dan membuat kesimpulan
|
idem
|
Post Tes
|
Testulis
|
||
Referansi
|
1.
Relegion and science:Historical and Contemporery Issues, Sanfransisci: Harper
2.
Peny.Ilmu,Teknologi dan etika, Supardan: BPK Gunung Mulia
|
||
|
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100
MENIT
|
||
Pertemuan Ke
|
12. KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu menganalisis Kenyataan pluralism-Multikultural di Indonesia dan
pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat
2.
Mampu menyebutkan upaya-upaya hidup rukun damai antar umat beragama
3.
Mampu merancang program kerja sama mahasiswa antar universitas/fakultas yang
bernuansa pluralis dan Kultural
|
||
Materi Pokok
|
1.
Makna Kerukunan Antar umat beragama
2.
Kerukunan dalam perspektif Teologis
3.
Kerukunan dalam praktik hidup sehari-hari
|
||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Merancang suatu tindakan untuk tindakan kerjasama beda agama
2.
Mengerti dan memahami arti sesama manusia
3.
Memili sikap hidup toleran
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
Membuka
wawasan, memperlihatkan slide, diskusi, bertanya
|
Melihat
Mencatat,
diskusi,
Bertanya
|
LCD
Proyektor, Komputer, Papan Tulis, spidol, Pen laser
|
Penutup
|
Merangkum semua pembahasan dan
menyimpulkanya
|
Melihat,
Mendengar,
mencatat,
bertanya diskusi
|
idem
|
Post Tes
|
Prakyek
simulasi
|
||
Referansi
|
1.
Penegakan Moral Akademik di dalam dan di luar kampus Syahrin Harahap,
Jakarta: Raja Grafindo Persada
2.
Multi Kulturalisme,Tantangan-tantangan Global Masa depan dalam transformasi
pendidikan Nasional,Jakarta: Grasindo
|
||
|
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100
Menit
|
||
Pertemuan Ke
|
13. MASYARAKAT
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu Mengabstraksi Pengertian Masyarakat yang beradab dan sejahtera
2.
Mampu menunjukan hubungan HAM dan Demokrasi dengan Masyarakat beradab dan
sejahtera
3.
Mampu merancang Kegiatan dan mendorong terwujudnya Masyarakat yang beradab
dan sejahtera
|
||
Materi Pokok
|
1.
Agama yang memanusiakan Manusia
2.
Agama yang memperjuangkan Masyarakat beradab dan sejahtera
3.
Tegakan HAM dan Demokrasi sebagai ciri Masyarakat yang beradab dan sejahtera
|
||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Menyadari dirinya sebagai manusia yang berdab
2.
Memiliki belaskasihan terhadap sesama
3.
Menimbulkan perilaku yang beradab
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
Mengajukan
pertanyaan untuk brain storming, menjelaskan, membimbing kontemplasi, diskusi
|
Melihat, mendengar, mencatat diskusi, kontemplasi
|
LCD
Proyektor,
Komputer
papan
tulis, spidol, Pen Laser
|
Penutup
|
Merangkum
dan menyimpulkan
|
Mencatat,
menyimpulkan dan berdoa
|
idem
|
Post Tes
|
Tes tulis
|
||
Referensi
|
1.
Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Koentjaraningrat, Jakarta: Djabatan
2.
Agama dalam Analisis dan Interpretasi Sosiologi, Soerjono Soekanto, Jakarta:
Rajawali Press
|
||
|
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
100 Menit
|
||
Pertemuan Ke
|
14. BUDAYA
|
||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu menguraikan peranan Budaya akademik sebagai pencerah peradaban Bangsa
2.
Mampu Menujukkan Hakikat kerja Keras,terbuka dan Adil bagi pembangunan Bangsa
Indonesia
3.
Mampu Mengekspresikan Peranan Civitas akademika sebagai agen perubahan
|
||
Materi Pokok
|
1.
Budaya sebagai Karunia
2.
Budaya akademis sebagai Pencerah peradaban
3.
Budaya jalan Pintas dan Dampaknya bagi budaya akademis
|
||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Dapat menganalisis etos kerja dan budaya jalan pintas
2.
Melihat fakta-fakta dan menganilis pribadi setelah barainstorming
3.
Melatih diri untuk memiliki etos kerja yang baik
4.
Mengaplikasikan iman dalam budaya kerja,perilaku dan tindakkan
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
Mensimulasi, memberikan fakta sebagai
contoh, member penjelasan
|
Menganalisis,
mencatat,
merefleksikan,
bertanya
|
LCD
Proyektor, computer, slide, papan Tulis dan spidol
|
Penutup
|
Menyimpulkan semua gagasan
Melihat,mendengar,mencatat,membuat
kesimpulan
|
idem
|
|
Post Tes
|
Tes Tulis
|
||
Referansi
|
1.
Etos Kerja dan Perkembangan Ekonomi,Taufik Abdulah,Jakarta:LP3ES
2.
Kehidupan Politik dan Perubahan Sosial,Charles F Andrain,Yogjakarta: Tiara
Wacana
3.
Kelakuan yang bertanggung jawab, J.Douma, Jakarta:BPK Gunung Mulia
|
||
|
|
Mata Kuliah
|
Pendidikan
Agama Kristen
|
|||
Kode Mata
Kuliah
|
|
|||
Waktu
Pertemuan
|
100 Menit
|
|||
Pertemuan Ke
|
15. Politik dalam Perspektif Iman
Kristen dan Katolik
|
|||
Indikator
Pencapaian
|
1.
Mampu Menjelaskan Kontribusi nilai-nilai Kristiani terhadap kehidupan
berpolitik
2.
Mampu menganalisis Peranan Generasi muda Kristiani dalam kehidupan politik
untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa
3.
Mampu mendaftarkan sejumlah tantangan (Khususnya yang berkaitan dengan
kehidupan beragama) yang dihadapi dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa
|
|||
Materi Pokok
|
1.
Partisipasi Politik
2.
Perspektif Kristiani dalam Politik
3.
Pandangan Alkitab terhadap Politik
4.
Prinsip-prisip Kristiani dalam Politik
|
|||
Pengalaman
Belajar
|
1.
Mampu menganalisis pergerakan politik
2.
Memiliki pedoman dan landasan dalam berpolitik
3.
Mengerti dan memahami politik yang benar dan
beretika
|
|||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
||||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
Penyajian
|
Menjelaskan,
diskusi,
memaparkan,
mengajukan
pertanyaan
|
Melihat,
Mendengar,
mencatat,
bertanya, mengajukan gagasan
|
LCD
Proyektor, Komputer, papan Tulis, spidol, pen laser
|
|
Penutup
|
Menyimpulkan semua pembahasan
|
Melihat, mencatat, Menyimpulkan
|
idem
|
|
Post Tes
|
Tes tulis
|
|||
Referensi
|
1.
Gereja dan Politik dari orde baru ke reformasi, Soejati Jiwaadono, Yogjakarta:
Kanisius
2.
Partisipasi Politik di negara berkembang,Samuel P Huntington, Jakarta: Rineka
Cipta
3.
Pesan-pesan Kenabian dipusaran zaman dokumen terpilih PGI seputar
Reformasi dan isu sosial
kemasyarakatan, Jakarta: LPS-PGI
|
|||
|
|
|||
Mata Kuliah
|
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
|
||
Pertemuan Ke
|
|
||
Indikator
Pencapaian
|
|
||
Materi Pokok
|
|
||
Pengalaman
Belajar
|
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
Post Tes
|
|
|
|
Referansi
|
|
||
|
|
Mata Kuliah
|
|
||
Kode Mata
Kuliah
|
|
||
Waktu
Pertemuan
|
|
||
Pertemuan Ke
|
|
||
Indikator
Pencapaian
|
|
||
Materi Pokok
|
|
||
Pengalaman
Belajar
|
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
|||
Tahapan
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
(I)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Penyajian
|
|
|
|
Penutup
|
|
|
|
Post Tes
|
|
|
|
Referansi
|
|
||
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar