Senin, 24 September 2018

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

          Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 menit
Pertemuan ke
1.      Tuhan yang Maha Esa dan Ketuhanan
Indikator Pencapaian
1.      Mampu mengidentifikasi peran dan fungsi agama dalam kenyataan hidup yang konkrit baik yang positif  maupun negative
2.      Mampu mengidentifikasi implikasi kepercayaan kepada Tuhan baik sebagai pencipta,penyelamat dalam Kristus, serta pembaharu dalam Roh kudus, bagi kehidupan iman dan etis atau nilai-nilai
Materi Pokok
1. Menjelaskan dari MK Pendidikan Agama Kristen
2. Menjelaskan Tujuan (kompetensi) apa yang diharapkan dari MK Pendidikan Agama Kristen
Pengalaman Belajar
Mempelajari dan mendiskusikan landasan dan tujuan MK Pendidikan Agama Kristen

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
(4)
Pembukaan
Menyampaikan, silabus, kontrak kuliah, Penilaian, memberikan ulasan umum isi matakuliah, Landasan dan tujuan Pendidikan Agama Kristen
Melihat, mendengarkan penjelasan, meresponi dan mencatat
SAP, Silabus, Kontrak Kuliah, jadwal studi guide, tugas struktur, LCD, komputer
Penyajian
Menjelaskan Landasan MK Pendidikan Agama Kristen
Melihat mendengarkan Penjelasan, mencatat, bertanya dan diskusi
idem
Penutup
Merangkum isi pokok pembahasan, memberikan evaluasi, memberikan tugas mencari definisi apa yang dimaksud dengan agama
Menyimak, mengajukan pertanyaan dan pendapat menjawab pertanyaan evaluasi  
idem
Post tes
Ujian tertulis/lisan,penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap
referensi
1. Dogmatika Masa Kini, BPK Gunung Mulia
2. Relegion Sociology, New York, Paulist





Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 menit
Pertemuan Ke
2.      (Lanjutan) Tuhan yang Maha Esa dan Ketuhanan
Indikator Pencapaian
1. Mampu Menjelaskan motivasi manusia beragama
2. Mampu Menjelaskan cara Allah Menyatakan dirinya kepada manusia
3. Mampu merespon Anugerah yang Allah Berikan

Diskripsikan kata/kalimat yang bold
Materi Pokok
1.      Agama dan Kepercayaan Kepada Allah
2.      Allah dan Penyataan-Nya
3.      Allah dalam Kepercayaan Kristen
Pengalaman Belajar
1. Mempelajari pengertian agama dan motivasi mansuia beragama
2. Mengerti dan memahami bagaimana Allah memperkenalkan diriNya
3. Pengalaman spiritual perjumpaan dengan Allah

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Menjelaskan mengapa manusia beragama, Menjelaskan bagaimana Allah memperkenalkan dirinNya, membimbing mahasiswa menerima anugeraNya
Melihat, mendengar menjawab pertanyaan mengexplore, mensintesis
Slide, LCD Poyektor Komputer, jaringan internet, laser pen
Penutup
Merangkum pokok bahasan, memberikan Evaluasi, memberikan tugas definsi manusia secara antropoligis, sosilogis dan agama
Menyimak, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan

idem
Post Tes
Ujian tulis/Lisan/evaluasi unjuk /sikap

Referansi
1. Sosiologi Agama suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Press
2. Ilmu dan Agama di Perguruan Tinggi, Lik Wilarjo: Jurnal Waskita,vol.1 No.1











Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 menit
Pertemuan Ke
3.  Manusia
Indikator Pencapaian
1. Mampu menjelaskan Makna Hakikat Manusia sebagai ciptaan Tuhan
2. Mampu memberikan contoh Implikasinya dalam Kehidupan sehari-hari bahwa-Manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan-Manusia sebagai mahluk religius-Manusia sebagai mahluk Sosial  
Materi Pokok
1. Manusia adalah makhluk Ciptaan Allah
2. Manusia Adalah gambar Allah (Imago Dei)
3. Manusia sebagai makhluk Etis
4. Manusia sebagai Makhluk Sosial
Pengalaman Belajar
1. Mempelajari sehingga menimbulkan kesadaran bahwa dirinya bersalah dari Allah.
2. Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya sebagai makhluk mulia
3. Mempelajari sehingga Timbul kesadaran tindakan yang bermoral
4. Mempelajari Sehingga timbul kebutuhan terhadap orang lain

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Menjelaskan, menujukkan, membimbing mahasiswa bahwa dirinya adalah mahluk ciptaan Allah, gambar Allah, mahluk Etis dan sosial
Melihat, mendengar mencatat, merespon
Slide, LCD Proyektor,Komputer, laser pen, spidol white board,papan tulis
Penutup
Merangkum pembahasan,mengevaluasi
Melihat,Mendengar,mengajukan pertanyaan
Idem
Post Tes
Tes tulis/Lisan/Unjuk Sikap
Referansi
1. Tahap-tahap perkembangan moral, Jakarta:BPK Gunung Mulia
2. Kelakuan yang bertanggung jawab, Jakarta:BPK Gunng Mulia
3. Dokmatika Masa Kini, B.J Boland, Jakarta:BPK Gunung Mulia










Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
4.      (Lanjutan) Manusia
Indikator Pencapaian
1. Mampu memberikan contoh Implikasinya dalam kehedupan sehari-hari bahwa manusia sebagai mahluk.Rasionaldan berbudaya,makhluk Etis/bermoral,Makhluk berdosa
2. Mampu menghasilkan perubahan sebagai manusia yang dibaharui
 
Materi Pokok
1. Manusia Sebagai makhluk Rasional dan Berbudaya
2. Manusia Sebagai Makhluk Etis
3. Manusia Sebagai Manusia Sebagai Pendosa
4.Manusia dimampukan untuk Merestorasi Hubunganya dengan Allah
Pengalaman Belajar
1. Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya memiliki potensi
2. Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya makhluk bermoral
3. Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya orang berdosa
4. Mempelajari sehingga timbul kesadaran dirinya mampu hidup yang baik

STRATEGI PEMBELAJARAN

Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Menjelaskan,menunjukkan,membimbing mahasiswa sehingga timbulnya kesadaran diri menjadi manusia yang telah dibaharui
Mendengar,menyimak,mencatat,merespon
LCD Proyektor,Komputer dan jaringan internet,white Board,laser Pen,Papan Tulis
Penutup
Merangkum dan Menyimpulkan seluruh pokok bahasan dan menatang mahasiswa menjadi manusia baru yang memiliki ahlak mulia
Menyimak, mencatat,mengajukan pertanyaan,mengambil keputusan

idem
Post Tes
Tes tulis/Lisan/Assesment
Referansi
1.      The Christian View Of Man,Westchester: Crossway Books
2.      Teologia Dasar, Jil. 1, Yogyakarta: Yayasan Andi
3.      Biblical Antroplogy, Dr. Kim Sung Gil, “Diktat Kuliah,” Pascasarjana STT Kadesi







          Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 menit
Pertemuan ke
4.      Gereja
Indikator Pencapaian
1.      Mampu mengidentifikasi peran dan fungsi gereja
2.      Mampu mengidentifikasi implikasi kepercayaan kepada Tuhan baik sebagai gereja local maupun gereja universal
Materi Pokok
1. Menjelaskan Gereja Lokal dan Universal
2. Menjelaskan Tujuan gereja bagi kehidupan keluarga, masyarakat, dan bangsa
3. Gereja di Indonesia
Pengalaman Belajar

Diskusi tentang gereja


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
(4)
Pembukaan
Menjelaskan hakikat gereja, keesaan gereja, dan gereja di Indonesia
Melihat, mendengarkan penjelasan, meresponi dan mencatat
Dan Diskusi
SAP,
LCD
Penyajian
Menjelaskan hakikat gereja, keesaan gereja, dan gereja di Indonesia
Melihat mendengarkan Penjelasan, mencatat, bertanya dan diskusi
idem
Penutup
Merangkum isi pokok pembahasan, memberikan evaluasi, memberikan tugas mencari definisi apa yang dimaksud dengan agama
Menyimak, mengajukan pertanyaan dan pendapat menjawab pertanyaan evaluasi  
idem
Post tes
Ujian tertulis/lisan,penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap
referensi
1. Dogmatika Masa Kini, BPK Gunung Mulia
2. Relegion Sociology, New York,Paulist
3. Theologi Dasar, Charles C. Rirye, Jil.2 




Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
6. Mengembangkan Potensi Secara Optimum
Indikator Pencapaian
1. Mempelajari serta mengeksplorasi potensi dalam dirinya
2. Menemukan talenta dalam dirinya
3. Menggunakan Potensi dalam dunia profesinal
Materi Pokok
1. Landasan Teologis potensi manusia
2. Landasan Teori Potensi manusia
3. Aplikasi potensi dalam dunia Professional
Pengalaman Belajar
1. Menemukan landasan Teologis potensi manusia dalam Alkitab
2. Memiliki motivasi daneakspektasi untuk mencapai terbaik
3. Memiliki tekad mengamalkan keahlianya untuk kesejahteraan masyarakat

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Membimbing, menunjukkan ayat-ayat dalam Alkitab, Menjelaskan, memberi pertanyaan
Mendengar, membuka Alkitab, mengajukan pertanyaan, membaca ayat-ayat Alkitab
Alkitab, LCD Proyektor, computer, jaringan internet,White Board, Pen Laser, slide Materi
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan, menantang
Menyimak, mencatat, bertanya, merespon tantangan

idem
Post Tes
Tes Tulis
Referansi
1.   The sukses Principiles, Jacj Carfield,Jakarta: Gramedia
2. The seven Habits of Highly Effective Peaple, Stephen R. Covey: Bina Aksara
3. The 8 th Habit, Steven R Covey, Jakarta: Gramedia

















Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
7. NARKOBA Penghambat Pencapaian Potensi Optimum
Indikator Pencapaian
1. Mengenal jenis-jenis obat-obatan yang terlarang dalam daftar narkoba
2. Mengerti dampak yang ditimbulkan akibat pemakaian narkoba
3. Tidak mencoba dan melibatkan diri dalam pemakaian narkoba
Materi Pokok
1.      Latar belakang timbulnya narkoba
2.      Pengenalan Jenis-jenis narkoba
3.      Dampak dan pengaruh terhadap kehidupan jasmani dan rohani
4.      Pandangan Kristen/katolik terhadap narkoba
Pengalaman Belajar
1. Mengerti dan mengenal jenis narkoba
2. Memahami dampak serius yang diakibatkan penyalagunaan narkoba
3. Mengantisipasi di sekitarnya terhadap pemakai narkoba

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Brain storming, penyampaian materi,  berdiskusi,  bertanya
Mendengar, mencatat, mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, penyampaikan pengalamanya
LCD Proyektor, komputer dan jaringan internet, Pen Laser, Spidol dan white Board.
Penutup
Mengkonstruktif pendapat mahasiswa serta menyimpulkan semua pembahasan
Mendengar,mencatat,mengajukan pendapat dan pikiran
idem
Post Tes
Tes tulis


Referansi
1. Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba 2007, Medan Dinas Pendidikan dan pengajaran,Tanjung H. Mastar
2. Kecanduan sebuah Pesta dalam kubur,Edwad T Welch, Jakarta: Momentum.







Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
8. Hukum dalam Perspektif Kristen
Indikator Pencapaian
1. Mampu Menjelaskan perlunya hukum bagi berlangsungnya komunitas masyarakat Indonesia secara umum
2. Mampu mendeskripsikan peran hukum Tuhan bagi pembentukan hukum di Indonesia secara umum
3. Mampu menganalisis peran propetis agama dan umat Kristen sebagai “Chek and balance” terhadap kekuasaan, kebenaran dan keadilan dalam rangka perwujudan hukum yang benar di Indonesia 
Materi Pokok
1. Nilai-nilai Alkitab dan Hukum
2. Fungsi Profetis orang beriman terhadap hukum
3. Kewajiban membayar pajak sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila

Pengalaman Belajar
1. Memahami nilai-nilai hukum dalam Alkitab
2. Mengerti sikap dan peranannya dalam hukum
3. Paham kebenaran yang hakiki
4. Menyadari dan memahaami bahwa membayar pajak merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karuniaNya. Membayar pajak adalah salah satu bentuk mengasihi kepada sesama manusia
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Mengarahkan, menjelaskan,
memimpin,
memaparkan
Diskusi, mencatatat, bertanya,
menjawab
LCD Proyektor,kumputer dan jaringan internet, pen laser, spidol, slide.
Penutup
Menyimpulkan hasil diskusi dan bahasan
Mencatat, bertanya, member saran dan pemikiran
idem
Post Tes
portofolio


Referansi
1.      Pancasila sumber tegak hukum,Darmo diharjo,Malang Univ Unbraw

2. Filsafat Hukum,Hujibers,Yogjakarta: Kanisius
3. Isu-isu Global,John Stott,YBK
4. Global Ethic, Hans Kung






Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
9. Moral
Indikator Pencapaian
1. Mampu Memahami Hakikat hubungan yang erat antara moralitas/Etika Kristen/Katolik dengan iman
2. Mampu membuat keputusan etis di tengah berbagai kompleksitas Persolan moral dalam kehidupan dewasa ini.
3. Memiliki sikap dan integritas yang tinggi
Materi Pokok
1. Manusia Ciptaan Tuhan
2. Kompleksitas masalah moral
3. Kesadaran Etis

Pengalaman Belajar
1. Memiliki kemampuan mengambil keputusan etis
2. Memiliki prinsip dan rambu-rambu dalam mengambil keputusan
3. Bertindak dalam tindak etis dan bermoral
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Berdiskusi, menyajian materi, bertanya
Berdiskusi kelompok, mencatat, mennyimpulkan hasil diskusi, memaparkan
LCD Proyektor,Komputer dan jaringan, papan tulis dan spidol,pen laser
Penutup
Menyimpulkan seluruh hasil diskusi
Mencatat semua rangkaian diskusi
idem
Post Tes
Non tulis
Referansi
1. Etika sederhana untuk semua,Eka darma Putera, Jakarta: BPK. Gunung Mulia
2. Tahap-tahap perkembangan moral, Lawrence Kohlberg, Yogjakarta: Kanisius
3. Etika Umum, Frans Magnis Suseno,Yogjakarta: Kanisius












Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
10. Korupsi
Indikator Pencapaian
1.      Mengerti dan memahami bahwa korupsi adalah dosa
2.      Hidup dalam pola dan filsafat Kristiani
3.      Tidak melibatkan diri dalam perbuatan korupsi
4.      Setia dan taat dalam membayar pajak
Materi Pokok
1.      Sejarah dan akar korupsi di Indonesia
2.      Korupsi dalam sudut pandang Kristiani
3.      Dampak Korupsi terhadap pribadi dan Negara
4.      Tujuan dan dampak membayar pajak
Pengalaman Belajar
1. Melihat tokoh-tokoh nasional yang bersih dari korupsi
2. Menyadari dampak dari perb uatan korupsi
3. Menjaga diri supaya tidak terlibat perbuatan korupsi

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Memutar video, diskusi, membahas
Melihat, mencatat, diskusi dan bertanya
LCD Proyektor,computer dan jaringan internet, spidol dan papan tulis,pen laser
Penutup
Menyimpulkan pembahasan
Melihat,mencatat, membuat kesimpulan

idem
Post Tes
portofolio
Referansi
1. Kejujuran, Moral dan hati nurani, Jakarta: BPK Gunung Mulia
2. Moralitas kaum muda bagimana menanamkan tanggung jawab Kristiani,Jakarta: BPK Gunung Mulia















Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
11  Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan Seni
Indikator Pencapaian
1. Mampu mengidentifikasi hubungan timbal balik antara iman Kristen dengan Ilmu pengetahuan dan Teknologi modern dalam sejarah
2. Mampu Menjelaskanhubungan yang bermakna antara iman kristiani dan ilmu pengetahuan dari sudut pandang iman Kristiani
3. Mampu mendefinisikan hakikat teknologi
4. Mampu megidentifikasi dampak negative dan positif dari teknologi
5. Mampu merumuskan kristeria pengembangan Ilmu dan Teknologi yang bertanggung jawab berdasarkan iman Kristiani
Materi Pokok
1.      Iman dan Ilmu Pengetahuan
2.      Teknologi dan iman
3.      Sikap kristiani
Pengalaman Belajar
1. Dapat memilih dan memilah teknologi yang bertentangan dengan iman
2. Membatasi diri dalam penggunaan
3. Memiliki keinginan untuk mengembangkan untuk kesejahteraan manusia

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Memaparkan, menjelaskan,
diskusi, bertanya
Melihat, mendengarkan , mencatat, mengajukan pertanyaan diskusi
LCD Proyektor, Komputer, spidol, papan tulis, pen laser
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan
Mencatat dan membuat kesimpulan
idem
Post Tes
Testulis
Referansi
1. Relegion and science:Historical and Contemporery Issues, Sanfransisci: Harper
2. Peny.Ilmu,Teknologi dan etika, Supardan: BPK Gunung Mulia






Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 MENIT
Pertemuan Ke
12. KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
Indikator Pencapaian
1. Mampu menganalisis Kenyataan pluralism-Multikultural di Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat
2. Mampu menyebutkan upaya-upaya hidup rukun damai antar umat beragama
3. Mampu merancang program kerja sama mahasiswa antar universitas/fakultas yang bernuansa pluralis dan Kultural
Materi Pokok
1.      Makna Kerukunan Antar umat beragama
2.      Kerukunan dalam perspektif Teologis
3.      Kerukunan dalam praktik hidup sehari-hari
Pengalaman Belajar
1. Merancang suatu tindakan untuk tindakan kerjasama beda agama
2. Mengerti dan memahami arti sesama manusia
3. Memili sikap hidup toleran
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Membuka wawasan, memperlihatkan slide, diskusi, bertanya
Melihat Mencatat,
diskusi, Bertanya
LCD Proyektor, Komputer, Papan Tulis, spidol, Pen laser
Penutup
Merangkum semua pembahasan dan menyimpulkanya
Melihat, Mendengar,
mencatat, bertanya diskusi

idem
Post Tes
Prakyek simulasi
Referansi
1. Penegakan Moral Akademik di dalam dan di luar kampus Syahrin Harahap, Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Multi Kulturalisme,Tantangan-tantangan Global Masa depan dalam transformasi pendidikan Nasional,Jakarta: Grasindo







Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
13. MASYARAKAT
Indikator Pencapaian
1. Mampu Mengabstraksi Pengertian Masyarakat yang beradab dan sejahtera
2. Mampu menunjukan hubungan HAM dan Demokrasi dengan Masyarakat beradab dan sejahtera
3. Mampu merancang Kegiatan dan mendorong terwujudnya Masyarakat yang beradab dan sejahtera
Materi Pokok
1. Agama yang memanusiakan Manusia
2. Agama yang memperjuangkan Masyarakat beradab dan sejahtera
3. Tegakan HAM dan Demokrasi sebagai ciri Masyarakat yang beradab dan sejahtera
Pengalaman Belajar
1. Menyadari dirinya sebagai manusia yang berdab
2. Memiliki belaskasihan terhadap sesama
3. Menimbulkan perilaku yang beradab

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Mengajukan pertanyaan untuk brain storming, menjelaskan, membimbing kontemplasi, diskusi
Melihat, mendengar, mencatat diskusi, kontemplasi
LCD Proyektor,
Komputer
papan tulis, spidol, Pen Laser
Penutup
Merangkum dan menyimpulkan
Mencatat,
menyimpulkan dan berdoa
idem
Post Tes
Tes tulis
Referensi
1. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Koentjaraningrat, Jakarta: Djabatan
2. Agama dalam Analisis dan Interpretasi Sosiologi, Soerjono Soekanto, Jakarta: Rajawali Press







Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100  Menit
Pertemuan Ke
14. BUDAYA
Indikator Pencapaian
1. Mampu menguraikan peranan Budaya akademik sebagai pencerah peradaban Bangsa
2. Mampu Menujukkan Hakikat kerja Keras,terbuka dan Adil bagi pembangunan Bangsa Indonesia
3. Mampu Mengekspresikan Peranan Civitas akademika sebagai agen perubahan
Materi Pokok
1. Budaya sebagai Karunia
2. Budaya akademis sebagai Pencerah peradaban
3. Budaya jalan Pintas dan Dampaknya bagi budaya akademis
Pengalaman Belajar
1. Dapat menganalisis etos kerja dan budaya jalan pintas
2. Melihat fakta-fakta dan menganilis pribadi setelah barainstorming
3. Melatih diri untuk memiliki etos kerja yang baik
4. Mengaplikasikan iman dalam budaya kerja,perilaku dan tindakkan  

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Mensimulasi, memberikan fakta sebagai contoh, member penjelasan
Menganalisis,
mencatat,
merefleksikan,
bertanya
LCD Proyektor, computer, slide, papan Tulis dan spidol
Penutup
Menyimpulkan semua gagasan
Melihat,mendengar,mencatat,membuat kesimpulan

idem
Post Tes
Tes Tulis
Referansi
1. Etos Kerja dan Perkembangan Ekonomi,Taufik Abdulah,Jakarta:LP3ES
2. Kehidupan Politik dan Perubahan Sosial,Charles F Andrain,Yogjakarta: Tiara Wacana
3. Kelakuan yang bertanggung jawab, J.Douma, Jakarta:BPK Gunung Mulia






Mata Kuliah
Pendidikan Agama Kristen
Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan
100 Menit
Pertemuan Ke
15. Politik dalam Perspektif Iman Kristen dan Katolik
Indikator Pencapaian
1. Mampu Menjelaskan Kontribusi nilai-nilai Kristiani terhadap kehidupan berpolitik
2. Mampu menganalisis Peranan Generasi muda Kristiani dalam kehidupan politik untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa
3. Mampu mendaftarkan sejumlah tantangan (Khususnya yang berkaitan dengan kehidupan beragama) yang dihadapi dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa
Materi Pokok
1. Partisipasi Politik
2. Perspektif Kristiani dalam Politik
3. Pandangan Alkitab terhadap Politik
4. Prinsip-prisip Kristiani dalam Politik
Pengalaman Belajar
1.      Mampu menganalisis pergerakan politik
2.      Memiliki pedoman dan landasan dalam berpolitik
3.      Mengerti dan memahami politik yang benar dan beretika

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian
Menjelaskan, diskusi,
memaparkan,
mengajukan pertanyaan
Melihat, Mendengar,
mencatat, bertanya, mengajukan gagasan
LCD Proyektor, Komputer, papan Tulis, spidol, pen laser
Penutup
Menyimpulkan semua pembahasan
Melihat, mencatat, Menyimpulkan
idem
Post Tes
Tes tulis
Referensi
1. Gereja dan Politik dari orde baru ke reformasi, Soejati Jiwaadono, Yogjakarta: Kanisius
2. Partisipasi Politik di negara berkembang,Samuel P Huntington, Jakarta: Rineka Cipta
3. Pesan-pesan Kenabian dipusaran zaman dokumen terpilih PGI seputar Reformasi  dan isu sosial kemasyarakatan, Jakarta: LPS-PGI










Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan

Pertemuan Ke

Indikator Pencapaian

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian



Penutup



Post Tes



Referansi




Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Waktu Pertemuan

Pertemuan Ke

Indikator Pencapaian

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tahapan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pembelajaran
(I)
(2)
(3)
(4)
Penyajian



Penutup



Post Tes



Referansi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar