RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
PTTAK
|
:
|
STT KADESI
BOGOR
|
Program
Studi
|
:
|
Teologi
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Tafsir
Perjanjian Baru
|
Bobot/Sks
|
:
|
2 Sks
|
Kode Mata
Kuliah
|
:
|
|
Sifat
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
Pra-Syarat
|
:
|
|
Semester
|
:
|
IV (Empat)
|
Periode
Kuliah
|
:
|
Jan-Jun 2017
|
Jumlah
Pertemuan Tatap Muka
|
:
|
16 Kali, @
100 Menit
|
Jadwal Kuliah
|
:
|
Hari
Selasa
|
Ruang
|
:
|
Tiranus
|
Dosen
Pengampu
|
:
|
Pdt. Elia
Umbu Zasa, M.Pd.K
|
|
|
|
A. TUJUAN
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang
teori hermeneutic yang baik
Mahasiswa mengerti bagaimana proses penyelidikan yang baik
dan benar untuk mengkomunikasikan Firman dengan efektif
Mahasiswa dapat menjadi komunikator yang baik
B. DESKRIPSI
Mempelajari
langkah-langkah yang benar dalam penyelidikan secara induktif untuk
menghasilkan penafsiran yang baik dan benar sesuai dengan maksud Tuhan dan
maksud penulis. Eksposisi yang baik menghasilkan kebenaran objektif bagi
pembaca atau pendengar.
Mahasiswa
diharapkan menjadi figur yang berwibawa dan menjadi teladan dalam berpenampilan
yang sopan dan beretika yang baik dalam mengkomunikasikan Firman
Mahasiswa
menyadari dan mengerti bahwa tugas pelayanan mimbar (berkhotbah) adalah tugas
yang melayani Tuhan secara vertikal dan melayani sesama manusia secara horisontal.
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
(KOMPETENSI LULUSAN)
1.
Mampu menyelidiki kebenaran secara
objektif
2.
Memahami prinsip-prinsip penafsiran
yang baik (metode induktif)
3.
Mampu menerapkan pemikiran logis,
kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
4.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur.
5. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Kemampuan-kemampuan
yang harus dikuasai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah ini
adalah:
M1.
Mahasiswa mampu menjelaskan Alkitab
dengan baik (KU9,
KK4);
M2.
Mahasiswa mampu merumuskan kebutuhan pendengar/jemaat dan menyusun hipotesa penelitian (yang menjadi topic)
dalam tubuh khotbah (P3,KU1,KK4);
M3.
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai jenis
metode penafsiran (KK4);
M4.
Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah garis besar khotbah dan menginterpretasi
hasilnya secara logis dan sistematis (S9, KU1);
M5.
Mahasiswa mampu menyusun garis besar khotbah dan mengkhotbahkan dengan efektif
(S9, KU2, KU9).
M6.
Memahami prosedur berkhotbah yang baik
- MATERI (BAHAN KAJIAN)
Materi-materi yang akan dikaji pada mata kuliah ini
adalah
1.
L1
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Pengetahuan, metode penafsiran & etika
dalam berkhotbah (M1)
2.
L2
Mahasiswa mampu menyelidiki kebenaran baik secara historical, grammatical,
tektual dan kontekstual (M2)
3.
L3
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai metode penafsiran (M3)
4.
L4
Mahasiswa mampu mendisain penyelidikan serta merancang
Garis besar khotbah yang menjawab
kebutuhan umat (M3, M4)
5.
L5
Mahasiswa mampu menjelaskan kebenaran mutlak Firman Tuhan yang disampaikan (M4)
- KEGIATAN PEMBELAJARAN (STRATEGI)
Pembelajaran
akan dilakukan dengan strategi student active learning. Mahasiswa difasilitasi
untuk aktif mencari, menemukan dan
memperoleh berbagai konsep dan atau teori tentang ilmu berkhotbah. Untuk
memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan utama yang
akan dilaksanakan dalam perkuliahan:
1.
Presentasi (penyajian) materi oleh
dosen. Dosen mempresentasikan materi di
2-3 kali pertemuan pertama. Materi yang
dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar
keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam
satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga
diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2. Dosen
menyampaikan pembasasan secara garis besar (highligt) keseluruhan materi yang
akan dibahas dalam satu semester. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai
kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus
penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi
kelas.
2.
Penugasan. Selama perkuliahan satu
semester, ada tugas yang harus dibuat oleh mahasiswa, mencakup penugasan
membuat garis besar khotbah, membuat resume khotbah dalam ibadah kapel dan
tugas studi kasus.
3.
Diskusi kelas. Setiap mahasiswa
dalam aktif dalam diskusi kelas dengan tujuan untuk menajamkan pemahaman dan
pengertian tentang khotbah Alkitabiah.
- TUGAS/TAGIHAN
Ada 3 tugas
(sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama
mengikuti perkuliahan, yaitu:
1.
Menyelidiki
Alkitab secara rutin. Mahasiswa diberi tugas melakukan
penyelidikan berdasarkan procedure yang baik dan benar (hermeneutic) sesuai
ayat yang diintrukan dosen dan mengumpulkan
tiap kali pertemuan
2.
Melakukan Simulasi. Setiap
mahasiswa ditugaskan untuk melakukan penyelidikan terhadap teks Alkitab atau
perikop tertentu yang sesuai dengan gerakan Roh Kudus oleh mahasiswa, kemudian
disusun menjadi satu bahan khotbah yang siap untuk di komunikasikann.
3.
Membuat
resume khotbah. Mahasiswa diharapkan membuat resume khotbah yang
diikuti dalam kebaktian kapel stt kadesi setiap hari kamis dan mendalami serta
memberi tanggapan dengan tujuan membangun dan mengembangkan diri.
- PENILAIAN
Metode/teknik penilaian:
·
Tes tulis
·
Penilaian kinerja
Instrumen penilaian:
·
Soal tes tulis
·
Rubrik penilaian khotbah
·
Lembar penilaian kinerja (resume
khotbah)
Komponen dan bobot penilaian:
1.
Tugas membuat Garis Besar Khotbah 15%
2.
Performance presentasi Khobah 15%
3.
Ujian tengah semester 15%
4.
Ujian akhir semester 15%
5.
Tugas Resume Khotbah Kapel 20%
6.
Kehadiran 20%
- PERATURAN (TATA TERTIB)
1.
Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap
muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan
akademik universitas).
2.
Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif
dalam perkuliahan.
3.
Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat
waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4.
Ada pemberitahuan jika tidak hadir
dalam perkuliahan tatap muka.
5.
Selama perkuliahan berlangsung, HP
dalam posisi off atau silent.
6.
Meminta izin (dengan cara
mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya,
menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
7.
Saling menghargai dan tidak membuat
kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
8.
Tidak boleh ada plagiat dan
bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
- SUMBER (REFERENSI)
Shalom Bapak, Bolehkah Bapak berbagi dengan saya diktat tafsir PB yg Bapak punya. Terima kasih
BalasHapus