Rabu, 28 November 2018

RPS TAFSIR PB


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

PTTAK
:
STT KADESI BOGOR
Program Studi
:
Teologi

Mata Kuliah
:
Tafsir Perjanjian Baru
Bobot/Sks
:
2 Sks
Kode Mata Kuliah
:

Sifat
:
  1. Konseptual/teoritik


  1. Seminar/praktikum


  1. Praktik lapangan
Pra-Syarat
:

Semester
:
IV (Empat)
Periode Kuliah
:
Jan-Jun 2017
Jumlah Pertemuan Tatap Muka
:
16 Kali, @ 100 Menit
Jadwal Kuliah
:
Hari Selasa
Ruang
:
Tiranus
Dosen Pengampu
:
Pdt. Elia Umbu Zasa, M.Pd.K





A.    TUJUAN
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang teori hermeneutic yang baik
Mahasiswa mengerti bagaimana proses penyelidikan yang baik dan benar untuk mengkomunikasikan Firman dengan efektif
Mahasiswa dapat menjadi komunikator yang baik   

B.     DESKRIPSI

Mempelajari langkah-langkah yang benar dalam penyelidikan secara induktif untuk menghasilkan penafsiran yang baik dan benar sesuai dengan maksud Tuhan dan maksud penulis. Eksposisi yang baik menghasilkan kebenaran objektif bagi pembaca atau pendengar.
Mahasiswa diharapkan menjadi figur yang berwibawa dan menjadi teladan dalam berpenampilan yang sopan dan beretika yang baik dalam mengkomunikasikan Firman
Mahasiswa menyadari dan mengerti bahwa tugas pelayanan mimbar (berkhotbah) adalah tugas yang melayani Tuhan secara vertikal dan melayani sesama manusia secara horisontal.


C.    CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (KOMPETENSI LULUSAN)

1.      Mampu menyelidiki kebenaran secara objektif
2.      Memahami prinsip-prinsip penafsiran yang baik (metode induktif)
3.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
4.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
5.      Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri


  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH
Kemampuan-kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah ini adalah:

M1.  Mahasiswa mampu menjelaskan Alkitab dengan baik (KU9,   
         KK4);
M2. Mahasiswa mampu merumuskan kebutuhan pendengar/jemaat dan menyusun   hipotesa penelitian (yang menjadi topic) dalam tubuh khotbah (P3,KU1,KK4);
M3.   Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai jenis metode penafsiran (KK4);
M4. Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah garis besar khotbah dan menginterpretasi hasilnya secara logis dan sistematis (S9, KU1);
M5. Mahasiswa mampu menyusun garis besar khotbah dan mengkhotbahkan dengan efektif (S9, KU2, KU9).
M6. Memahami prosedur berkhotbah yang baik


  1. MATERI (BAHAN KAJIAN)

Materi-materi yang akan dikaji pada mata kuliah ini adalah
1.                  L1 Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Pengetahuan, metode penafsiran & etika dalam berkhotbah (M1)
2.                  L2 Mahasiswa mampu menyelidiki kebenaran baik secara historical, grammatical, tektual dan kontekstual (M2)
3.                  L3 Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai metode penafsiran (M3)
4.                  L4 Mahasiswa mampu mendisain penyelidikan serta merancang
Garis besar khotbah yang menjawab kebutuhan umat (M3, M4)
5.                  L5 Mahasiswa mampu menjelaskan kebenaran mutlak Firman Tuhan yang disampaikan (M4)



  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN (STRATEGI)

Pembelajaran akan dilakukan dengan strategi student active learning. Mahasiswa difasilitasi untuk  aktif mencari, menemukan dan memperoleh berbagai konsep dan atau teori tentang ilmu berkhotbah. Untuk memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:
1.                  Presentasi (penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 2-3 kali pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2. Dosen menyampaikan pembasasan secara garis besar (highligt) keseluruhan materi yang akan dibahas dalam satu semester. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi kelas.
2.                  Penugasan. Selama perkuliahan satu semester, ada tugas yang harus dibuat oleh mahasiswa, mencakup penugasan membuat garis besar khotbah, membuat resume khotbah dalam ibadah kapel dan tugas studi kasus.
3.                  Diskusi kelas. Setiap mahasiswa dalam aktif dalam diskusi kelas dengan tujuan untuk menajamkan pemahaman dan pengertian tentang khotbah Alkitabiah.

  1. TUGAS/TAGIHAN
Ada 3 tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama mengikuti perkuliahan, yaitu:
1.                  Menyelidiki Alkitab secara rutin. Mahasiswa diberi tugas melakukan penyelidikan berdasarkan procedure yang baik dan benar (hermeneutic) sesuai ayat yang diintrukan dosen dan mengumpulkan  tiap kali pertemuan
2.                  Melakukan Simulasi. Setiap mahasiswa ditugaskan untuk melakukan penyelidikan terhadap teks Alkitab atau perikop tertentu yang sesuai dengan gerakan Roh Kudus oleh mahasiswa, kemudian disusun menjadi satu bahan khotbah yang siap untuk di komunikasikann.
3.                  Membuat resume khotbah. Mahasiswa diharapkan membuat resume khotbah yang diikuti dalam kebaktian kapel stt kadesi setiap hari kamis dan mendalami serta memberi tanggapan dengan tujuan membangun dan mengembangkan diri.



  1. PENILAIAN

Metode/teknik penilaian:
·         Tes tulis
·         Penilaian kinerja

Instrumen penilaian:
·         Soal tes tulis
·         Rubrik penilaian khotbah
·         Lembar penilaian kinerja (resume khotbah)

Komponen dan bobot penilaian:
1.      Tugas membuat Garis Besar Khotbah            15%
2.      Performance presentasi Khobah                     15%
3.      Ujian tengah semester                                     15%
4.      Ujian akhir semester                                        15%
5.      Tugas Resume Khotbah Kapel                       20%
6.      Kehadiran                                                       20%

  1. PERATURAN (TATA TERTIB)
1.                  Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2.                  Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif dalam perkuliahan.
3.                  Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4.                  Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
5.                  Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
6.                  Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
7.                  Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
8.                  Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

  1. SUMBER (REFERENSI)



1 komentar:

  1. Shalom Bapak, Bolehkah Bapak berbagi dengan saya diktat tafsir PB yg Bapak punya. Terima kasih

    BalasHapus