Nama Mata Kuliah : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kode Mata Kuliah :
Bobot
SKS
:
2
Semester
: -
Hari
Pertemuan :
4-5 Kali
Tempat Pertemuan :
Dosen
Pengajar : Elia Umbu Zasa, S.Th, M.Pd.K
1.
Manfaat Mata Kuliah
Manfaat
yang diperoleh setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat membentuk
kecakapan partisipasi yang bermutu dan bertanggung jawab dalam kehidupan
politik dan masyarakat baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun
global, menjadikan warga masyarakat yang baik dan mampu menjaga persatuan, dan
integritas bangsa guna mewujudkan Indonesia yang kuat sejahtera dan demokratis,
menghasilkan mahasiswa yang berpikiran komprehensif, analitis, kritis dan
bertindak demokratis (menjadi warga bangsa yang mudah dipimpin tetapi sulit
untuk dikendalikan, mudah diperintah tetapi sulit untuk diperbudak),
mengembangkan kultur demokrasi yaitu: kebebasan, persamaan, kemerdekaan,
toleransi, kemampuan menahan diri, kemampuan melakukan dialog, kemampuan
mengambil keputusan, serta kemampuan berpartisipasi dalam kegiatan politik
kemasyarakatan, mampu membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang baik dan
bertanggung jawab melalui penanaman moral dan keterampilan sosial sehingga
kelak mereka mampu memahami dan memecahkan persoalan-persoalan aktual
kewarganegaraan.
2.
Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup Pendidikan
Kewarganegaraan (perhatikan point 10 “jadwal kuliah”
Kaitannya
dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini
mendukung kompetensi lulusan untuk menjadi warga negara yang baik dan
bertanggung jawab melalui penanaman moral dan keterampilan sosial sehingga
kelak mereka mampu memahami dan memecahkan persoalan-persoalan aktual
kewarganegaraan.
3.
Kompetensi Lulusan
Standar
Kompetensi Mata Kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memahami
dan memecahkan persoalan-persoalan aktual kewarganegaraan (lih. hal. 7 dari
buku referensi utama)
4.
Strategi Pembelajaran
Perkuliahan
dilaksanakan dengan tatap muka, diskusi dan pemecahan masalah. Materi kuliah
dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah
pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas
terstruktur, tugas mandiri
5.
Materi Pokok dalam mata kuliah ini
adalah focus membedah buku terbitan Kementerian Riset dan Teknologi dan
Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Direktoral Jenderal Pembelajaran dan
Kemahasiswaan, Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi)
6. Bahan Bacaan
1.
Paristiyanti
Nurwardani, dkk, Cet. 1, 2016, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN untuk
Perguruan Tinggi
2. Abdullah. Rozali. 2002. Perkembangan HAM
dan Keberadaan Peradilan di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
3.
Basric Chaidir, Ed. 1994. Pemantapan
Pembangunan Melalui Pendekatan Ketahanan Nasional. Jakarta: Program
Magister PKN-UI.
4. Budiarjo.
Miriam. 1987. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia Pustaka Media.
5.
Budiharjo. Miriam. 1996. Demokrasi di Indonesia, Demokrasi Parlementer dan
Demokrasi Pancasila. Jakarta: Gramedia.
6. Chaidir
Basric & Amin Ibrahim. 1998. Implementasi Konsep Ketahanan Nasional dalam
Pembangunan Daerah. Jakarta: HASTANAS-UI.
7. Chamin,
Asikuri, IBN, dkk. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Kehidupan yang
Demokratis dan Berkeadaban. Yogyakarta. Edisi Revisi.
8. Cipto
Bambang, dkk. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Kehidupan Demokratis
dan Berkeadaban. Yogyakarta: LP3 UltvtY-Asia Fondation. Edisi Revisi.
9.
Dipanala. GS. 1975. Ilmu Negara Jilid 1 . Jakarta: Balai Pustaka.
10.
Gafar. AJTan. 2000. Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
11.
Hans J. Margenthau. 1990. Politik Antar Bangsa. Jakarta: Yayasan Obor
Indonesia.
12.
Herianto. Arid. 1996. Nasionalisme. Refleksi Kritis Kaumilmuwan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
13.
Ichiasul Amal & Arinaidv Armawi. 1995. Sumbangan Ilmu Sosial Terhadap
Konsepsi Ketahanan Nasional. Gajah Mada University Press.
14.
Kamalpasha, Musthopa. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta:
Citra Karsa Mandiri.
15.
Kansil. CST. 2001. Negara Umum dan Indonesia. Jakarta: PT Pradnya
Paramita. Cetakan ke-1.
16.
Khailani. 1999. Pendidikan Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta:
Paradikina.
17.
Khairon, dkk. Pendidikan Politik Bagi Warga Negara. Yogyakarta: LKIS.
18.
Kusnardi, Moh, etc. 2000. Ilmu Negara. Jakarta: Gava Media Panama.
19.
Kuswara E. 2001. Otonomi Daerah untuk Demokrasi dan Kemandirian Rakyat.
Jakarta: Yayasan Fariba.
20.
Lembaga Ketahanan Nasional. 1998. Politik dan Strategi Ketahanan Keamanan
Negara. Jakarta.
21.
Lemhanas. 1997. Wawasan Nusantara. Ketahanan Nasional. Pembangunan Nasional.
Disiplin Nasional. Jakarta: PT Balai Pustaka.
22.
Mac Andrews. Chanin & Jelasul Amal. 2001. Hubungan Pusat Daerah dalam
Pembangunan. Jakarta: Rajawali.
23.
Machfud MD. Moh. 1993. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia.
Yogyakarta: Liberty.
24.
Machfud MD. Moh. 1999. Hukum dan Pilar-Pilar Demokrasi. Yogyakarta:
Gernamedia.
25.
Masoed. Mochtar. 1994. Negara Kapital dan Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
26.
Masyukur. Nur Rifah. 2001. Peluang dan Tantangan Otonomi Daerah.
Jakarta: Permata Artistika Kreasi.
27.
Michael. Rush & Philiph Althfoff. 1995. Pengantar Sosiologi Politik.
Jakarta: PT Praja Grafindo Persada.
28.
Munadjat Danusaputro. 1983. Asta-Gatra. Model Ilmiah Komprehensif dan
Tata Pendekatan Asta Gatra. Bandung: Binacipta.
29.
Oesman Octojo dan Alvian. 1992. Pancasila sebagai Ideologi dalam Berbagai
Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: BP7
Pusat.
30.
Poespowadjojo, Soerjanto. 1989. Filsafat Pancasila Sebuah Pendekatan Sosio
Budaya. Jakarta: PT Gramedia.
31.
Quelan Haq. Ed. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.
Yogyakarta: Paradikma. Edisi Pertama.
32.
Rais, Amien. 1980. Agama dan Modernisasi Politik, Suatu Kajian Analisis.
Jakarta: Rajawali.
33.
Robertson. Ed. 1995. Agama dalam Analisis dan Interpretasi Sosiologis.
Jakarta: PT Praja Grafindo Persada.
34.
Rosiada, Dede, dkk. 2003. Pendidikan Kewargaan Demokrasi Hak Asasi Manusia
Masyakarat Madani. Jakarta. Edisi Revisi.
35.
Rusadikanaprawira. 1990. Pendekatan Sistem dan Ilmu-ilmu Sosial. Aplikasi
dalam Meninjau Kehidupan Politik Indonesia. Bandung: Sinar Baru. Cetakan
Kedua.
36.
Schuoa Frithjof. 1987. Mencari Titik Team Agama-agama. Jakarta: Pustaka
Firdaus.
37.
Soeharto Ltk Laut & Mastra Nyoman. May Laut. 1992. Wawasan Nusantara.
Ketahanan Nasional, Keamanan Nasional. Jakarta: Alumni Sekolah Tinggi
Teknologi TNI AL.
38.
Sumarsono S, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
39.
Suryadinata. Leo. 1999. Etnis Tionghoa dan Pembangunan Bangsa. Jakarta:
EP3ES.
40.
Suseno. Fransmagnes. 1997. Mencari Sosok Demokrasi, Sebuah Telaah Filosofis.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
41.
Sutrisno. Lukman. 1998. Identitas & Kedaulatan, Kabar dan Pulau De\77
Tahun Gedong Bagoes Oka. Institut Dianl. Cetakan Pertama.
42.
Tatang M. Amirim. 1996. Pokok-pokok Leon Sistem. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
43.
Ubadillali. Achmad, et.al. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic
Education) Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jakarta: IAIN Jakarta
Press. Ed.Revisi
44. Wahid,
Abduralunam, dkk. 1993. Dialog: Kritik dan Identitas Agama. Yogyakarta:
Dian Interfidie.
45.
Widjaja AW. 2001. Talk Berat Otonomi pada Daerah Tingkat II. Jakarta:
Rajawali.
46. H.
Kaelan, Ahmad Zubaidi, 2010, Pendidikan
Kewarganegaraan, Yogyakarta
7.
Tugas-tugas
Tugas dapat dikerjakan dan diupload sesuai jadwal yang
ditentukan oleh Dosen Pengampu
8.
Kriteria dan Standar Penilaian (sesuai
standart softskill)
A=
EXELLENT
|
B=
GOOD
|
C=
ENOUGH
|
TIDAK
LULUS
|
9.
Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar.
10. Jadwal Kuliah
No.
|
Pokok
Bahasan
|
Minggu Ke
|
Pertemuan Hari/tanggal
|
1
|
Kontrak Perkuliahan & Silabus
|
1
|
26/09/18
|
2
|
Bagaimana Hakikat Pendidikan
Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Kemampuan Utuh Sarjana atau Profesional ?
|
2
|
24/10/18
|
3
|
Bagaimana Esensi Urgensi Identitas
Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter ?
|
3
|
|
4
|
Bagaimana Urgensi Integrasi
Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan dan Kesatuan Bangsa ?
|
4
|
|
5
|
Bagaimana Nilai dan Norma
Konstitusional UUD 1945 dan Konstitusionalitas Ketentuan Perundang-Undangan
di Bawah UUD ?
|
5
|
28/11/18
|
6
|
Bagaimana Harmoni dan Hak Negara
dan Warga Negara dalam Demokrasi yang Bersumbu pada Kedaulatan Rakyat dan
Musyawarah untuk Mufakat ?
|
6
|
|
7
|
Bagaimana Hakikat, Instrumentasi,
dan Praksis Demokrasi Indonesia Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 ?
|
7
|
|
8
|
Bagaimana Dinamika Historis
Konstitusional, Sosial-Politik,
Kultural, serta Konteks Kontemporer Penegakan Hukum yang Berkeadilan ?
|
8
|
19/12/18
|
9
|
Bagaimana Dinamika Historis, dan
Urgensi Wawasan Nusantara sebagai Konsepsi dan Pandangan Kolektif Kebangsaan
Indonesia dalam Konteks Pergaulan Dunia ?
|
9
|
|
10
|
Bagaimana Urgensi dan Tantangan
Ketahanan Nasional dan Bela Negara bagi Indonesia dalam Membangun Komitmen
Kolektif Kebangsaan ?
|
10
|
|
11
|
Menyelenggarakan Project Citizen
untuk Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
|
11
|
23/01/19
|
Catatan Penting:
Setiap tugas Risensi diupload dalam
blog studentsite seminggu sebelum tatap muka dengan dosen pengampu di kelas
11. Lain-lain
Apabila
ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat
dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada
perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.
Kontrak perkuliahan ini dapat
dilaksanakan, mulai dari disampaikan kesepakatan ini.
Bogor,
20 September 2018
Dosen
Pengampu
Elia
Umbu Zasa, S.Th, M.Pd.K
NIP.
132108426430224
Tidak ada komentar:
Posting Komentar