Jumat, 22 Juli 2011

ANAK PENGHIBURAN

ANAK PENGHIBURAN
Kis. 4:36-37; 9:26-30; 11:22-26;
12:24; 13: 5; 15: 35-41

BARNABAS

1. MAU BERKORBAN BAGI PELAYANAN
(Kis. 4:36-37)
jumlah orang yg percaya saat di Yerusalem 3000 jiwa. Gaya hidup mereka memukau, tidak ada yg kekurangan, selalu beribadah, dll. Selalu ada persembahan harta miliknya untuk pekerjaan Tuhan
Barnabas sebenarnya orang Lewi, yg tentunya tidak memiliki tanah warisan. Namun ia memiliki tanah dan menjualnya lalu mempersembahkan untuk pelayanan. Kita tidak tahu itu warisan istrinya atau ia beli di luar Palestina, karena suku Lewi tidak pernah memiliki bagian tanah Palestina.

Riil saat ini: dalam kehidupan sehari-hari, kala kita tidak memiliki sesuatu, tiba-tiba kita mendapatkannya pasti itu sangat berharga/bernilai. Kita pasti merasa sayang untuk memberikannya kepada gereja.
a. seorang yang mau mempersmbahkan sapi untuk Tuhan...
b. seorang ibu yg membanting tulang untuk mencari nafkah, pagi, siang, sore,...hanya supaya anak bisa sekolah.
2. MAU MEREKOMENDASIKAN ORANG BARU (Kis.9:26-30)
Seorang muda yg ganas yakni Saulus. Saat bertobat sulit bagi gereja untuk menerimanya. Namun Barnabas merekomendasikannya.

Riil saat ini: sering kita kurang percaya dan takut, kuatir dengan orang yang baru percaya. Tapi harus penuh hikmat.
Exp. Bernadus Kosat yg menghilangkan motor gembala.

3. MAU BEKERJASAMA DENGAN ORANG LAIN (Kis. 11:22-26; 12:24-13:35)
Ketika Barnabar diutus ke Antiokhia banyak sekali orang bertobat melalui pelayanannya. Ia segera pergi mencari Saulus di Tarsus dan mengajaknya ke Antiokhia untuk melayani bersama. Makin banyak orang yg diberkati melalui pelayanan mereka.

Rill saat ini:.........

4. MEMBERI KESEMPATAN BAGI ORANG DIBALIK KEGAGALANNYA (Kis. 15:35-41)
Perbedaan pandangan. Menurut Paulus orang yg pernah lari dari pelayanan tidak boleh dibawa pelayanan lagi. Barnabas memberinya kesempan. Dan akhirnya Yohanes Markus berhasil dan menulis injil Markus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar