Jumat, 22 Juli 2011

ALLAH TURUT BEKERJA

ALLAH TURUT BEKERJA
Roma 8:27-30
Tujuan: Setiap orang percaya harus mengerti dan mengetahui dengan pasti bahwa Allah turut bekerja dalam kehidupannya.
Pendahuluan: orang tua yang baik harus turut membantu dan membimbing anak-anaknya baik itu melalui sekolah, sikap hidup yang benar demi kesuksesan masa depan. Orang tua memainkan peranannya dan anak memainkan peranan yaitu belajar dengan serius.
Demikian pula halnya dengan setiap orang yang sudah percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan JuruselamatNya pribadi.
Dengan gambaran seperti itulah Firman melalui Paulus dapat diartikan. (baca Roma 8:27-30).
Yang dimaksud dengan “TURUT BEKERJA” (dalam bhs. Yunani Sunergeo. Kasusnya genetif. Bentuknya verb indikatif / aktif kala kini yang berarti: work together for good, cooperate, KERJASAMA YG BAIK, MEMBANTU, MEMBIMBING). Ini berarti pihak yang membantu tidak sepenuhnya mengerjakan apa yang menjadi tugas atau beban orang yang dibantu. Ada tiga hal yang penting yang bisa kita perhatikan ketika Allah turut bekerja dalam segala sesuatu, yaitu:
1. Kita Diajak Untuk Tetap Hidup Bertanggungjawab.
Adakalanya Alkitab menjelaskan kepada kita tentang keterbatasan kita dalam melakukan sesuatu dan hanya Allah yang sanggup melakukannya. Tetapi, menarik sekali disini bahwa kita masih diberi kesempatan untuk bertanggungjawab. Allah tidak mengerjakan bagi kita semuanya, tetapi Allah turut membantu dan membimbing sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita
2. Allah Tidak Mendikte Kita.
Allah menciptakan kita sebagai makluk yang memiliki kehendak bebas dan Allah konsekwen dengan itu. Kita tetap mengerjakan tugas dan pekerjaan kita dan Allah turut membimbing
3. Semua Demi Kebaikan Kita.
Kebaikan tidak sama dengan hal-hal yang baik menurut kita. Kebaikan bisa jadi sesuatu yang membuat kita tidak senang, tetapi akan membuat kita maju. Kebaikan kadang merupakan hal yang menyakitkan kita, tetapi akan membuat iman kita semakin kuat.
Mungkin saat ini kita sedang mengalami hal-hal yang membuat kita lemah. Mungkin kita sedang mengalami masalah ekonomi, keuangan, atau masalah lainnya. Ketahuilah ketika kita bertahan untuk hal tersebut, mohon bimbingan dan kekuatan Tuhan, niscaya kita akan menjadi kuat di dalam iman, dewasa di dalam kerohanian dan kita akan sanggup menolong orang yang mengalami hal yang sama dengan kita.

Wise card:
BERSERAH KEPADA TUHAN BUKAN
BERARTI MENINGGALKAN TANGGUNG JAWAB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar