Kamis, 27 September 2018

RPS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

UNIVERSITAS
:
GUNADARMA
Program Studi
:


Mata Kuliah
:
Pendidikan Agama Kristen
Bobot/Sks
:
2 Sks
Kode Mata Kuliah
:

Sifat
:
  1. Konseptual/teoritik


  1. Seminar/praktikum


  1. Praktik lapangan
Semester
:

Periode Kuliah
:
September 18-Januari 19
Jumlah Pertemuan Tatap Muka
:
16 Kali, @ 100 Menit
Jadwal Kuliah
:
Hari Jumat
Ruang
:

Dosen Pengampu
:
Pdt. Elia Umbu Zasa, S.Th, M.Pd.K




A.    TUJUAN
1.      Mahasiswa memiliki pemahaman tentang Pendidikan Agama Kristen
2.      Mahasiswa mengerti bagaimana hidup dalam Kristus dan mampu menunjukkan sikap religious yang terpuji
3.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
4.      Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila
5.      Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tangguung jawab pada Negara, bangsa terutama kepada Tuhan Yesus Kristus
6.      Menghargai keaneragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain
7.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

B.     DESKRIPSI
Bahan ajar Mata Kuliah Wajib Umum yang dipersiapkan untuk menjadi salah satu sumber nilai dan bahan dalam menyelenggarakan program studi guna mengantarkan mahasiswa memantapkan kepribadiannya sebagai bangsa Indonesia seutuhnya. Buku bahan ajar Pendidikan Agama Kristen ini merupakan ”bahan ajar yang dinamis” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman, terakhir diperkaya dengan muatan kesadaran pajak.

C.    CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (KOMPETENSI LULUSAN)
1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standart kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
2.      Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
3.      Mampu mengkaji penerapan imbu pengetahuan dan teknologi atau seni dengan bidang keahliaannya
4.      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil di dalam maupun di luar lembaganya.
5.      Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian tugas
6.      Mampu menjadi terang dan garam dunia di tengah keluarga, kampus dan masyarakat
7.      Bertanggung jawab mutlat di hadapan Tuhan dalam setiap aspek kehidupannya

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH
a.       Kemampuan-kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah ini adalah:
b.      Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan Pendidikan Agama Kristen
c.       Mahasiswa mampu merumuskan tugas dan tanggung jawab sebagai   
orang Kristen baik di keluarga, gereja, kampus dan masyarakat
d.      Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan agama Kristen dengan  
agama lain
e.       Mahasiswa mampu melayani Tuhan dan sesama sebagai wujud kasih   
dalam Matius 22:37-40
f.       Mahasiswa membuktikan keyakinannya kepada Tuhan Yesus Kristus melalui kesetiaan berbakti, menolong, dan mengasihi

  1. MATERI (BAHAN KAJIAN)
Materi-materi yang akan dikaji pada mata kuliah ini adalah
a.                   Mahasiswa mampu menjelaskan agma dan fungsinya dalam kehidupan manusia
b.                  Mahasiswa mampu merumuskan relevansi ajaran Kristen dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara
c.                   Mahasiswa mengerti dan memahami serta menyakini Allah sebagai pencipta, dan perwujudanNya dalam diri Yesus Kristus sebagai Juru selamat manusia
d.                  Mahasiswa menyakini konsep keselamatan dalam iman Kristen dan hubungannya dengan Tuhan Yesus Kristus
e.                   Mahasiswa mampu menerapkan etika dan karakter sebagai anak Allah
f.                   Mahasiswa mampu menciptakan kehidupan yang rukun dengan sesama tanpa kompromi dengan dosa

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN (STRATEGI)
Pembelajaran akan dilakukan dengan strategi student active learning. Mahasiswa difasilitasi untuk  aktif belajar dan melayani Tuhan. Untuk memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:
1.                  Presentasi (penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 2-3 kali pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2. Dosen menyampaikan pembasasan secara garis besar (highligt) keseluruhan materi yang akan dibahas dalam satu semester. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi kelas.
2.                  Penugasan. Selama perkuliahan satu semester, ada tugas yang harus dibuat oleh mahasiswa, mencakup penugasan membuat PPT dan presentasi kelompok yang berkualitas
3.                  Diskusi kelas. Setiap mahasiswa dapat aktif dalam diskusi kelas dengan tujuan untuk menajamkan pemahaman dan pengertian tentang Firman Tuhan sebagai pedoman hidup yang baik dan benar

  1. TUGAS/TAGIHAN
Ada 2 tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama mengikuti perkuliahan, yaitu:
1.                  Melakukan presentasi kelompok. Mahasiswa dibagi menjadi 8 kelompok dan membaca serta memahami bagian bab dari buku yang ditunjuk oleh dosen pengampu dan dipresentasikan dengan baik
2.                  Membuat Laporan Pelayanan gereja. Mahasiswa diwajibkan melakukan tugas pelayanan di gereja masing-masing dan bukti kinerja dilaporkan dalam bentuk surat tugas, atau warta, atau keterangan lain yang dianggap legal

  1. PENILAIAN
Metode/teknik penilaian:
·         Tes tulis
·         Penilaian kinerja

Instrumen penilaian:
·         Soal tes tulis (kuis dan ujian)
·         Rubrik penilaian presentasi (ppt, dan penguasaan materi)
·         Lembar penilaian kinerja (pelayanan di gereja)

Komponen dan bobot penilaian:
1.      Tugas laporan pelayanan gereja                      15%
2.      Performance presentasi                                   15%
3.      Quis                                                                 10%
4.      Ujian Tengah Semester                                   15%
5.      Ujian Akhir Semester                                      15%
6.      Kehadiran                                                       30%

  1. PERATURAN (TATA TERTIB)
1.                  Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2.                  Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif dalam perkuliahan.
3.                  Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4.                  Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
5.                  Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
6.                  Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
7.                  Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

  1. SUMBER UTAMA (REFERENSI)
1.      Daniel Nuhamara, dkk, Pendidikan Agama Kristen untuk PT, Jakarta: Kemenristekdikti RI Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, 2016
2.      Daniel Nuhamara, dkk, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: Dirjen Bimas Kristen RI, 2006
3.      Ayres, Francis O. The Ministry of The Laity: A Biblical Exposition. Philadelphia: Westminster, 1952
4.      Charles C. Ryrie, Dasar Teologi, Yogyakarta: Yayasan Kalam Hidup, Jilid 1 dan 2
5.      David Purnomo, Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Kontemporer, Malang: Seminari Alkitab Asia Tenggara, 2001
6.      Dunn, Richard R. Reaching a Generations for Christ: A Comprehensive Guiede to Youth Ministry. Chicago: Moody Press, 1997
7.      Hardi Budiana, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, Solo: Berita Hidup Seminary, 2011
8.      Kepercayaan dan Kehidupan Kristen, STII (Jakarta: BPK Gunung Mulia).
9.      Kenneth O. Gangel, Membina Pemimpin Pendidikan Kristen, (Malang: Yayasan Gandum Mas, 1998).
10.  Rick Warren, The Purpose Driven Life,pen., Paulus Adiwijaya, peny., Emma Maspaitela (Malang: Yayasan Gandum Mas, 2005).
11.  R. Soedarmo, Ikhtisar Dogmatika, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002
12.  The Billy Grahan Christian worker’s Handbook (Buku Pegangan pelayanan), Persekutuan Pembaca Alkitab.
13.  Thomas H. Groome, Christian Religious Education, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011





Tidak ada komentar:

Posting Komentar